Saturday, March 13, 2010

Perusahaan Sebesar Google Dituntut?

Google dituntut karena Google telah ‘mencuri’ nama trademark ‘Android’ secara tidak sah. Google bersama 47 corporate internasional lainnya telah dituntut oleh pengadilan distrk US atas tuduhan pelanggaran trademark dari penggunaan kata ‘Android’. Sementara bagi Google, Android merupakan nama dari open source, berasal dari system operasi berbasis Linux untuk ponsel dan mobile device, yang pertama kali diperkenalkan di bulan November 2007.
Lalu Erich Specht, seorang developer software dan aplikasi Internet, juga penyedia layanan, yang bermarkas di Illnois, mengungkapkan bahwa Android merupakan nama dari perusahaannya, Android Dara, dimana ia telah mengasuransikan trademark Android di bulan Oktober 2002 oleh US Patent dan Trademark Office (USPTO). Google kemudian mengaplikasikan trademark Android di Oktober 2007, namun akhirnya Android Google tersebut ditolak USPTO di bulan Februari 2008.
Alasan USPTO atas penolakan tersebut sangat beralasan, karena sejak Google dan Specht bekerja sama dalam pengembangan software dan layanan yang berkaitan, konsumen sepertinya lebih suka mengaitkan Android dengan satu source aslinya, yakni system open source. Sedangkan Google mengklaim bahwa trademark Android tidak pernah digunakan oleh perusahaan Android Data selama lebih dari tiga tahun. Namun, bagaimanapun menurut USPTO, keputusan penolakan klaim Google sudah final.
Namun, Google juga tidak berhenti hingga di situ, hingga Google mencoba naik banding lagi di bulan November lalu, dan meminta kasus ini ditunda hingga adanya klarifikasi yang jelas, dan USPTO pun memberikan penundaan. Selain itu, pihak Specht telah mengajukan tuntutan ganti rugi hingga $2 juta bagi perusahaan mana saja, termasuk Google untuk setiap penggunaan term Android. Specht juga bertindak tegas dan akan memiliki trademark Android untuk dirinya. Sementara itu, Specht juga mengajukan tuntutan yang sama kepada Open Handset Alliance, China Mobile, Sprint Nextel, T-Mobile, Vodafone, ARM, Broadcom, Intel, Nvidia, Texas Instruments, Motorola, Samsung, Toshiba, Wind River, dan sebagainya.(h_n)

No comments:

Post a Comment